PENYUSUNAN DOKUMEN PEMBELAJARAN BERBASIS PBL JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS

Tujuan Kegiatan Upaya sistematik untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, kompeten dan siap bekerja adalah merancang metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode pembelajaran adalah Project Based Learning dan Product Based Learning. Tujuan kegiatan ini adalah Tersusunnya Dokumen Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) di setiap program studi di jurusan Administrasi Bisnis. 

Mekanisme Kegiatan: 1. Persiapan Tahap persiapan ini dimulai dengan pembentukan panitia dan rapat dengan ketua Program Studi. Tahap ini terdiri dari dua kegiatan persiapan panitia dan persiapan workshop Pengembangan Pembelajaran berbasis Proyek (Project Based Learning). Kegiatan Persiapan Panitia terdiri dari rapat panitia kegiatan penyusunan jadwal kegiatan, penentuan nara sumber, menghubungi nara sumber, persiapan surat menyurat dan tempat, konsumsi kegiatan. 2. Pelaksanaan Kegiatan pelaksanaan diawali dengan mengadakan Woekshop tentang Penyusunan Dokumen Pembelajaran Berbasis Projek (PBL). Workshop menghadirkan narasumber yang berpengalaman dalam menyusun Dokumen Pembelajaran Berbasis Projek (PBL) yaitu Dr. Sutirman SPd. MPd dari Universitas Negeeri Yogyakarta. Workshop mengundang seluruh dosen Jurusan Administrasi Bisnis yang akan meyusun Dokumen Pembelajaran Berbasis Projek (PBL). Kegiatan selanjutnya adalah penyusunan Dokumen Pembelajaran Berbasis Projek (PBL) oleh dosen atau koordinator mata kuliah. 3. Pleno dan Sosialisasi Pleno dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan sosialisasi PBL oleh masing-masing tim dari 4 program Studi yang ada di jurusan Administrasi Bisnis. Pleno dan sosialisasi diikuti oleh seluruh dosen. 4. Pelaporan Pelaporan merupakan kegiatan terakhir dari seluruh kegiatan Penyusunan Dokumen Pembelajaran Berbasis Project Based Learning pada program studi (D3) Administrasi Bisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Bisnis Internasional Dan program studi (D4/ S1 terapan) Administrasi Bisnis Terapan Jurusan Administrasi Bisnis. Masing-masing prodi menyusun 5 dokumen pembelajaran PBL sehingga tersusun 20 dokumen PBL. Kegiatan pelaporan ini diiringi dengan pembuatan Surat Keputusan (SK) Kepanitiaan, SK Team Perumus sampai dengan pembuatan Laporan kegiatan juga pelaporan penggunaan anggaran.