IIMPLEMENTASI GKM UNTUK MENDUKUNG STANDARISASI MUTU PROGRAM STUDI DAN JURUSAN ADMINISTRASI 2024

Jurusan Administrasi Bisnis (AB) Politeknik Negeri Semarang (Polines) hingga tahun 2021 mempunyai 4 (empat) Program Studi, yaitu Program Studi Administrasi Bisnis (D3-AB), Manajemen Pemasaran (D3 MP), Manajemen Bisnis Internasional (S.Tr-MBI) dan Administrasi Bisnis Terapan (S.Tr ABT). Pada tahun ajaran (TA) 2021-2022 mempunyai 36 kelas baik program D3 maupun S.Tr. Proses kegiatan akademik di semua Prodi jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang selama ini telah berjalan baik dan lancer. Meskipun demikian kegiatan akademik yang sudah baik tersebut perlu ditingkatkan untuk mengikuti perubahan dan tuntutan dari stakeholder.Dalam melaksanakan kegiatan akademik dibutuhkan adanya data tentang rekaman kegiatan berupa dokumen-dokumen yang disesuaikan dengan standar Satuan Penjamin Mutu Internal, baik berupa softcopy maupun hardcopy. Dalam realisasinya untuk mengumpulkan semua dokumen yang mendukung masih terjadi beberapa kendala meskipun pada akhirnya dapat terkumpul dengan lengkap. Salah satu contoh adnya pengumpulan kontrak kuliah dalam bentuk hardcopy yang tidak dapat terkumpul pada hari pertama dimulainya perkuliahan di setiap awal semester. Untuk itu diperlukan adanya monitoring dari Ketua Program Studi untuk selalu secara periodic memeriksa apakah dokumen-dokumen yang dibutuhkkan dalam kegiatan akademik sudah tersedia dengan lengkap. Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang telah membentuk tim Gugus Kendali Mtu (GKM) yang tugasnya adalah membantu pimpinan Jurusan dan Program Studi dalam menyediakan dokumen yang dibutuhkan dalam menghadapi Audit Mutu Internal yang secara rutin diadakan 2 kali dalam satu tahun maupun audit mutu eksternal. Selain itu juga membantu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk akreditasi apabila di jurusan AB ada salah satu prodi yang akan mengajukan reakreditasi. Kegiatan Peningkatan Mutu Dokumen Pendukung PBM melalui Kegiatan GKM ini mengacu pada tujuan Renstra Polines dalam butir 4 yaitu menerapkan manajemen Perguruan Tinggi modern dalam Pengelolaan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dengan sasaran strategis pada butir 4 yaitu meningkatnya kualitas layanan evaluasi bidang akademik dan non akademik secara berkelanjutan yang diwujudkan dalam program utama butir 2 yaitu peningkatan jaminan mutu layanan dengan indicator kinerja 1. IKK 4.3 Indeks Kepuasan layanan akademik dan non akademik. Selain itu sebagai dasar acuan kegiatan audit mutu alayanan akademik secara berkala baik secara internal maupun eksternal. Dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan saat dilaksnakan audit mutu internal maupun eksternal jurusan AB tidak mengalami kesulitan dalam mencari dokumen yang dibutuhkan oleh auditor, sehingga jumlah temuan yang seminimam mungkin. Kegiatan peningkatan mutu melalui kegiatan ini mengacu pada tujuan renstra Polines pada butir 3 yaitu meningkatnya kualitas manajemen institusi, melalui perbaikan berkelanjutan berdasarkan prinsip tata Kelola yang baik, dengan sasaran strategis pada butir 3 yaitu meningkatnya kualitas layanan evaluasi bidang akademik dan non akademik secara berkelanjutan